Selasa, 14 Agustus 2012

Menamai Bayi Baru Lahir

Mencari Nama Bayi
Mencari Nama Bayi

Memilih nama untuk calon bayi merupakan hal yang sangat penting. Pemilihan nama bayi pun tidak bisa sembarangan. Para orang tua yang sedang menunggu kelahiran calon putra atau putrinya sebaiknya mempersiapkan terlebih dahulu nama yang akan diberikan.

Ada banyak cara untuk mencari nama bayi. Mungkin Anda tersandung pada nama yang sempurna atau bahkan Anda telah memutuskan dan mempersiapkannya jauh hari sebelum bayi lahir. Beberapa para calon orang tua memilih menunggu hari lahir kemudian nama pun diberikan setelah bayi baru lahir, biasanya mereka bergulat dengan keputusan pemberian nama untuk waktu yang sangat lama.


Untuk menamai bayi, sebaiknya Anda mulai mempersempit beberapa nama atau jenis nama yang Anda kurang sukai. Buatlah nama bayi Anda dengan makna yang positif. Kemudian tentukan gaya penamaan bayi Anda. Buatlah daftar nama-nama bayi sebagai pilihan. Anda pun dapat mencari inspirsasi nama melalui media internet atau buku kumpulan nama anak yang banyak tersedia di toko buku.

Pemilihan Nama Bayi laki-laki
Plihan nama bayi laki-laki sangat bervariasi. Anda masih melihat nama standar yang biasanya diberikan untuk nama laki-laki, namun saat ini orang lebih kreatif lagi dalam memilih nama anak. Mereka sudah mulai menggunakan serapan bahasa asing. Nama bayi laki-laki biasanya identik dengan makna maskulinitas, kepemimpinan, kebijaksanaan, dan sebagainya.

Pemilihan Nama Bayi Perempuan
Nama-nama yang diberikan kepada bayi perempuan lebih terbuka terhadap feminisme seperti sesuatu yang cantik, manis, dan anggun. Namun, tidak sedikit orang tua yang memberikan nama bayi perempuan mereka dengan makna ketangguhan dan keberanian.

Pemilihan Nama Bayi Kembar
Penamaan bayi kembar yang biasa dilakukan para orang tua yaitu dengan memberikan mana yang mirip. Hal tersebut dilakukan agar identitas kembar sangat dekat. Banyak kombinasi yang diberikan kepada bayi kembar. Apakah Anda memberikan nama yang mirip atau nama yang sangat berbeda? Anda mungkin menggunakan urutan kelahiran mereka untuk menamai bayi kembar Anda.

Penamaan Bayi
Penamaan Bayi
Kebanyakan para calon orang tua yang sedang menunggu bayi lahir sering mendapatkan ide dan saran atau bahkan masukan daftar nama bagi calon bayi. Sebaiknya Anda harus memiliki strategi untuk saran nama bayi yang diberikan oleh orang lain, siapa tahu bisa memberikan inspirasi untuk Anda menemtukan nama anak ketika kelimpungan saat bayi baru lahir. Anda harus menerima saran dengan baik atau mengabaikannya dengan tetap menghargai. Pastinya Anda harus punya rencana.

Selain nama bayi laki-laki dan perempuan, ada pula beberapa nama yang unisex yaitu nama yang bisa digunakan oleh bayi laki-laki atau pun perempuan. Saat ini para orang tua lebih memilih nama yang unik dan jarang dipakai agar tidak pasaran. Ide nama bayi dapat diperoleh dari nama bulan, bunga, planet tata surya, istilah bahasa asing yang baik, pahlawan, bahasa kuno (bahasa Sanskerta, Jawa kuno, Inggris kuno, Dewa Yunani) dan lain sebagainya. Nama yang kelihatannya bagus belum tentu maknanya baik. Maka orang tua wajib memilih nama secara sempurna tentu dengan arti yang baik.

1 komentar: